News

NewsCategory

Wardah Inspiring Teacher Apresiasi Wardah untuk Para Guru Indonesia

Apresiasi istimewa dari Wardah untuk para pahlawan tanpa tanda jasa

Wardah yang merupakan brand kecantikan terkemuka di Indonesia terus berkomitmen untuk menebarkan inspirasi kebaikan yang positif bagi masyarakat sebagai perwujudan dari salah satu pilar utamanya yaitu Inspiring Beauty. Bidang pendidikan menjadi salah satu fokus Wardah dalam menggerakkan berbagai kegiatan positif di masyarakat. Kali ini Wardah hadir dalam bentuk program Wardah Inspiring Teacher yang puncak acaranya, yaitu Awarding Night Wardah Inspiring Teacher. Acara ini berlangsung pada 23 April 2017 di Balaikota Yogyakarta.

“Wardah Inspiring Teacher adalah bentuk apresiasi Wardah untuk para guru di Indonesia. Bagi Wardah, meningkatkan kualitas pendidikan generasi mendatang adalah salah satu cara untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia. Hal ini bisa dicapai di antaranya dengan lebih mengapresiasi peran guru sebagai pejuang yang mendidik dan mencerdaskan generasi penerus bangsa,” ujar Salman Subakat, Chief Marketing Officer.

Pada Awarding Night Wardah Inspiring Teacher, diumumkan beberapa orang guru inspiratif yang masuk dalam kategori The Best yang merupakan hasil penilaian para juri dari 30 orang guru inspiratif yang menjadi finalis Wardah Inspiring Teacher. Mereka adalah:

  • Nurbowo Budi Utomo,S.Pd dari SMP N 15 Yogyakarta dan Anindityo Dwiprakoso,S.Sos dari Koperasi Sleman untuk kategori Wardah Inspiring Teacher: The Best Innovation. Penilaian: Guru yang telah menularkan semangat dan menggerakkan murid-murid untuk membuat karya inovatif.
  • Sylvia Anggraeni,S.Pd dari SD Muhammadiyah Bayan dan Ria Syafa Atun,S.Pd dari SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 untuk kategori Wardah Inspiring Teacher: The Best Creation. Penilaian: Guru yang memiliki cara yang paling kreatif dalam mendidik murid-murid dalam proses belajar mengajar.
  • Rochma Yulika,S.Ag.,S.Pd. dari SDIT Lukman Al Hakim dan Dwi Ermavianti Wahyu Sulistyorini,S.Pd dari SMKN 1 Sewon untuk kategori Wardah Inspiring Teacher: The Best Inspiration.

Penilaian: Guru yang memiliki aksi dan prestasi yang tak hanya menginspirasi murid-murid tapi juga masyarakat.

Masing-masing guru yang masuk dalam kategori The Best ini berhak mendapatkan apresiasi berupa dana pendidikan dari Wardah. Selain itu, ada pula apresiasi berupa renovasi perpustakaan sekolah untuk guru Nurbowo Budi Utomo dengan predikat presentasi terbaik pada saat hari penjurian.

Wardah Inspiring Teacher merupakan bagian dari Wardah Inspiring Movement, yang merupakan program kepedulian sosial Wardah dalam bentuk berbagai aksi yang tak hanya menebarkan kebaikan, namun juga berbagi inspirasi kepada masyarakat, khususnya perempuan Indonesia. Bersama Wardah, diharapkan nantinya para perempuan Indonesia akan terinspirasi untuk mewujudkan kecantikan dari hati lewat berbagai aksi baik dan inspiratif bagi lingkungannya.

Guru-Guru Inspiratif Sumber Inspirasi
Kota Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pendidikan dipilih sebagai tempat pelaksanaan Wardah Inspiring Teacher untuk pertama kalinya. Di program ini, Wardah berkolaborasi dengan Analisa Widyaningrum selaku Spokesperson Wardah untuk mengundang partisipasi masyarakat di Yogyakarta dan sekitarnya dalam proses pencarian sosok guru-guru yang inspiratif.

Guru-guru inspiratif ini merupakan hasil rekomendasi dari para siswa/mahasiswa dan alumni, komunitas, serta sekolah. Proses rekomendasinya berlangsung dari 1 hingga 25 Maret 2017 lewat social media. Di akhir periode, terkumpul sebanyak 600 orang guru yang mendapat rekomendasi, yang kemudian diseleksi menjadi 30 orang guru sebagai kandidat.

Pada 1 dan 9 April 2017, ke-30 orang kandidat guru inspiratif ini kemudian menjalani pelatihan soft skill dan hard skill yang ditujukan untuk peningkatan kualitas dan keahlian yang nantinya akan diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah masing-masing. Materi pelatihan ini disampaikan oleh Analisa Widyaningrum (Psikolog, Spokesperson Wardah), Najeela Shihab (Pemerhati pendidikan, pendiri Sekolah Cikal), dan Wilita Putrinda (Direktur Program website pendidikan inibudi.org).

Para finalis guru inspiratif kemudian menjalani proses penjurian yang penilaiannya didasarkan dari visi dan misi, serta nilai-nilai yang dianutnya sebagai seorang pendidik yang sesuai dengan nilai-nilai Wardah, yaitu:

  • Passion: Memiliki semangat dan rasa cinta yang tinggi dalam menjalani profesinya sebagai seorang pendidik.
  • Integrity: Terus mengembangkan diri dan berprestasi sesuai dengan prinsip-prinsip yang dimiliki sebagai seorang pendidik.
  • Empowering: Memberdayakan potensi yang dimiliki oleh murid-muridnya.

“Saya sangat antusias bekerjasama dengan Wardah untuk pelaksanaan Wardah Inspiring Teacher karena merupakan impian saya untuk membuat aksi baik dan positif untuk dunia pendidikan di Indonesia, termasuk memberi apresiasi kepada para guru yang berjasa besar bagi para muridnya. Saya terharu sekali melihat kebahagiaan para guru yang mendapat apresiasi dan perhatian lewat program Wardah Inspiring Teacher,” ungkap Analisa Widyaningrum, psikolog pendiri Analisa Personality Development Center yang juga menjadi Spokesperson Wardah.

Wardah Inspiring Movement merupakan bagian dari Pesta Pendidikan 2017 Yogyakarta yang berlangsung pada 22-23 April 2017. Acara Awarding Night pada 23 April 2017 berlangsung bersamaan dengan “Charity Concert with Sheila On 7” yang tiket masuknya didapatkan dengan menukarkan sebuah buku edukatif. Seluruh buku edukatif yang didapatkan dari acara ini akan didonasikan untuk dunia pendidikan Yogyakarta dan sekitarnya. Sebagai program nasional, Wardah Inspiring Movement akan diadakan di kota-kota lain di Indonesia setelah Yogyakarta.